Turis Asing ikut Meriahkan HUT Indonesia

shares |

Ketua Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna, mengatakan, kegiatan lomba yang melibatkan turis mancanegara itu digelar setahun sekali, setiap 17 Agustus. “Lomba ini rutin kami gelar untuk merayakan 17-an dengan melibatkan turis yang ada di Pantai Kuta,” kata Tresna.
Tahun lalu, kata dia, Satgas Pantai Kuta menggelar perlombaan panjat pinang khusus untuk turis yang sedang menikmati panorama alam Pantai Kuta. Namun kali ini, ia memilih menggelar lomba “balap lari penyu’. “Ini juga bagian dari kampanye untuk melindungi penyu hijau yang dilindungi. Jumlah penyu yang dilombakan 17 dipilih karena itu hari kemerdekaan Indonesia,” katanya.
Ternyata perayaan kemerdekaan Republik Indonesia rupanya bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) yang sedang berlibur di Bali. Wisman mancanegara itu mengikuti sejumlah lomba yang menyemarakkan HUT RI.
Selain menggelar lomba, Satgas Pantai Kuta juga melepas penyu ke laut sebanyak 66 ekor. “Penyu kami lepas sebanyak 66 ekor. Angka itu menandakan kemerdekaan Indonesia sudah ke-66 tahun,” ujar Tresna.

Dalam perlombaan yang menarik antusias pengunjung Pantai Kuta itu, keluar sebagai pemenang pertama wisatawan asal Brasil. Di urutan kedua ada wisatawan asal Alaska, dan wisatawan asal Italia. Ketiganya mendapat hadiah baju dan sebotol bir.

Carlos wisatawan asal Brasil pemenang lomba mengaku senang bisa terlibat langsung dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. “Saya senang bisa terlibat langsung dalam kemerdekaan Indonesia. Sebetulnya saya tidak tahu kalau hari ini hari kemerdekaan Indonesia. Maka saya antusias begitu diminta terlibat,” katanya.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar